Trik Cara Menambah Space Partisi Drive C Dari Drive D Dengan Easus Partision Master - Di awal saya belajar buat blog, disini saya akan membagikan sedikit tips dan trik windows 7 yaitu bagaimana cara menambah space atau ukuran Drive C yang mendekati penuh atau sudah ada pada tanda merah dari Drive D.

Mungkin buat kamu yang sudah sering menggunakan laptop/PC sudah tahu apa fungsi dari Drive C?, Drive C adalah tempat dimana System Windows kita install dan tempat yang kita sering gunakan untuk menginstall software-software windows. Nah, bagaimana kalau Drive C anda hampir penuh, pasti akan membuat anda menjadi bingung dan juga akan membuat laptop/PC kita jadi lambat.


Lalu bagaimana cara mengatsinya?, caranya mudah anda cukup mengambil ruang kosong dari local disk D, dan menambahkan ke Drive C dengan bantuan software Easus Partition Master Home edition.

Note : trik ini kita akan memformat local disk D yang nantinya akan kita tambahkan sebagian ke Drive C, untuk itu sebaiknya anda pindahkan semua data yang ada pada drive D ke hard disk external atau flash disk sebelum anda melanjutkan trik ini.

Sebelumnya silahkan download Easus Partition Master. saran saya sebaiknya download versi free saja, karena saya mencoba trik ini dengan versi free, dan itu sudah lebih dari cukup.

Dan berikut langkah-langkahnya :
Pertama - Install Easus Partition Master yang anda sudah download tadi, jika muncul seperti gambar berikut langsung klik Finish.


Kedua - Jalankan Easus Partition Master tadi sehingga muncul tampilan seperti berikut:



Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya silahkan anda lihat kembali data anda pada local disk D apa benar-benar anda sudah pindahkan semua ke dalam hard disk external atau flash disk. anda juga dapat memindahkaan data pada drive D ke dalam drive E atau drive H.
Bagaimana jika anda hanya memiliki drive C dan D saja, tentunya anda harus membuat partisi baru misalnya local disk E. Untuk membuat partisi baru anda bisa lihat di sini, selanjutnya pindahkan semua data pada drive D ke drive E.

Kita lanjut ke langkah berikutnya:
Ketiga - Masih di dalam Easus Partition Master tadi, klik kanan pada drive D lalu pilih delete partition.


sehingga drive D anda berubah menjadi Unnalocated.

Keempat - Selanjutnya klik kanan pada drive C lalu pilih Resize/Move Partition. Pada kolom Decice size and partition geser dari arah tengah ke arah kanan sesuai ukuran drive C yang anda inginkan.


selanjutnya klik Ok dan Apply sehingga muncul tampilan seperti berikut.


Setelah anda melakukan langkah-langkah di atas, jika di minta untuk Restart maka klik Restart saja. Dan nanti Easus Partition Master akan melakukan partisi Windows melakukan Restart. Easus Partition akan melakukan proses Easus Partition Boot Mode kurang lebih 15 - 30 menit, sesuai jumlah partisi yaang anda buat tadi.

Jika anda melakukan langkah-langkah di atas dengan benar, maka ukuran drive C anda akan bertambah sesuai dengan yang anda buat tadi. semoga berhasil..!!!






Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

Post a Comment Blogger

  1. ENDAK AKU UDAH COBA..........,,,MOHON UNTUK PMILIK BLOG MELIHAT SIAPA SAJA YG INGIN BRTANYA,DISINI PMILIK BLOG DIWAJIBKAN UNTUK BRTANGGUNG JAWAB ATAS TULISANNYA

    ReplyDelete
  2. makasih kak, artikel tentang cara menambah volume disk c di windows 7 nya kak. masalah saya solved :)

    ReplyDelete
  3. kalau sebaliknya bisa gak gan..? disk D ane lebih kecil dari disk C dan ane pake windows 10.. terimakasih..

    ReplyDelete
  4. kalau saya buat Unnalocated dari disk D, tanpa harus menghapus D ?

    ReplyDelete
  5. kok C ku tambah kecil kapasitasnya

    ReplyDelete
  6. kok C ku tambah kecil kapasitasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHAHHAHA NGAKAK BOZZZZSS WKWKWKWKWKWK :>)

      Delete
  7. Ko Drive c saya tidak bsa di tambah pdhl udh ada unnalocater nya

    ReplyDelete
  8. gan udah di click kanan di :C nya kok gk ada pilihan resize ya??? tolong jawab gan please

    ReplyDelete
  9. Gan kalau mengatasi tidak bisa install aesus bagaimana?? Setiap kali install selalu berhenti karena muncul pesan "cannot copying data resource".. Saya ulangi berkali-kali masih saja begitu.. Solusinya gan.. Tx

    ReplyDelete
  10. Terima kasih gan, semoga berhasil .

    ReplyDelete
  11. Ini artikel yang saya cari.. Karena ruang di Drive C saya selalu penuh.. Dengan mengikuti tips di atas semoga saja bisa sediki lebih longgar dan laptop tidak lemot lagi.. Makasih min sudah di share.

    ReplyDelete

 
Top