Mengintip Kecepatan Internet Jaringan 5G Di Jepang - Pada saat ini sebagian wilayah dunia masih belum merasakan kecepatan teknologi 4G LTE, termaksud kita di Indonesia. Operator seluler Jepang NTT Docomo mengumumkan akan segera memulai uji coba jaringan mobile 5G.

Ilustrasi Jaringan Mobile 5G
 
Seperti hasil kutipan ZDNet, uji coba jaringan 5G pertama kali akan diadakan di pusat riset Docomo di Yokosuka pada tahun ini yang melibatkan enam vendor telekomonikasi internasional yaitu Alcatel-Lucent, Ericsson, Fujitsu, NEC, Nokia, dan Samsung.
 
Seperti apa nantinya kecepatan 5G yang diharapkan?
 
Koneksi jaringan 5G itu diharapkan mampu berjalan di kecepatan 10 Gbps (gigabit per detik).  Atau 1.000 kali lebih tinggi dibandingkan dengan kecepatan LTE yang berkisar di angka 100 Mbps sapai 150 Mbps.

Dengan kecepatan internet seperti itu, pastinya kita dapat melakukan apa saja seperti Streaming, Download, Upload, dan Browsing hanya butuh waktu hitungan detik saja.

Bagaimana dengan kecepatan internet di Negara kita ini??

Jaringan 5G di Jepang ini dijadwalkan bakal di gelar untuk keperluan komersial dalam waktu beberapa tahun kedepan, tepatnya pada tahun 2020.

Pembagian Uji Coba Jaringan 5G di Jepang
 
Docomo akan menjalankan experimen tersebut dengan setiap vendor secara pararel, dibagi menjadi beberapa bagian.

Nokia menagani uji coba teknologi milimeter wave dan beam forrming pada spektrum frekuensi 70 GHz. Samsung yang sebelumnya telah menggelar uji coba 5G dengan kecepatan 1 Gbps di Korea Selatan, bakal menangani experimen teknologi di psektrum 28 GHz. Sementara Ericsson melakukan uji coba outdoor di frekuensi 15 GHz dengan teknologi antena baru.

NEC dan Fujitsu bergabung dalam uji coba di frekuensi antara 3-6 GHz, sedangkan Alcatel-Lucent bakal menggunakan spektrum frekuensi yang selama ini sudah ada yaitu 3 GHz untuk teknologi mobile broadband and Machine-to-Machine.
 
Selain Jepang, perusahaan SK Telecom dari Korea Selatan awal tahun ini juga telah mengumumkan bakal berinvestasi sebesar 1,5 miliar dollar AS untuk penerapan jaringan 5G pada 2020.
 
Dengan akses data jaringan internet dengan kecepatan yang bisa dibilang luar biasa itu, kita doakan saja mudah-mudahan kita di Indonesia bisa secepatnya ikut merasakan akses data 4G dan menuju ke 5G.
 
Sumber : Kompas Tekno

Post a Comment Blogger

  1. nah buat kamu yang ke jepang bisa juga sewa wifi ke jepang dengan harga terjangkau loh, bebas roaming data dan kualitas internet ngebuut. cobain deh gan

    ReplyDelete

 
Top