Buat Partisi Baru Pada Windows 7 - Seperti sebelumnya saya telah membagikan trik cara buat partisi hardisk baru dengan Easus Partition Master, kali ini saya akan mencoba mengulang kembali. Namun kali ini kita akan membuat partisi baru tanpa bantuan software.

Sebenarnya untuk membuat partisi pada Windows 7 sudah ada peralatannya dalam Windows 7 itu sendiri, tanpa harus menggunakan software lain. Melainkan menggunakan Disk Management pada Windows 7.

Berikut langkah-langkahnya :
 Klik Start - klik kanan Computer - klik Manage - Storage - Disk Management, sehingga muncul jendela baru seperti berikut :


Untuk membuat partisi baru anda harus membagi dimana drive mana yang kiranya masih banyak ukurannya, dan dalam trik ini sebagai contoh saya akan membagi drive E yang nanti akan saya jadikan drive baru.
klik kanan drive E lalu pilih Shrink Volume.


Sehingga muncul jendela baru seperti berikut


pada kolom Enter the amount silahkan isi jumlah space yang anda kurangi dan nantinya akan anda jadikan partisi baru. lalu klik Shrink sehingga muncul Free space berwarna hijau.

Klik kanan pada Free space berwarna hijau tadi lalu pilih New Simple Volume.
Selanjutnya akan muncul jendela Wizard silahkan klik Next dan Next lagi. Pada kolom Format Partition pada kolom File system pilih NTFS, Allocation unit size biarkan default, Volume label silahkan anda isikan nama drivenya, sebagai contoh disini saya beri nama Local Disk. Lalu klik Next.


Perhatikan jika menurut anda sudah sesuai dengan keinginan anda klik Next jika masih ragu anda bisa pilih back.
Sampai disini partisi hardisk baru anda sudah berhasil dibuat, untuk melihatnya silahkan buka Computer. Tapi jika pada Computer masih belum terlihat partisi baru anda silahkan kembali ke menu Disk Management klik kanan pada drive yang anda buat tadi, pilih Cange drive latter pilih Add lalu klik Next dan Next. Lalu kembali lihat Computer anda.


Semoga trik ini dapat bermanfaat dan menambah pengalaman buat anda. Terima kasih telah berkunjung..!!!
Note : klik gambar untuk memperjelas.


Post a Comment Blogger

 
Top